Kesehatan, Air Bersih dan Sanitasi (KABSA)

Proyek KABSA (Kesehatan, Air Bersih dan Sanitasi Aceh) atau AHWSS (Aceh Health and Water Supply and Sanitation) merupakan proyek pemberdayaan masyarakat (community empowerment) dalam rangka usaha perbaikan pelayanan kesehatan, air bersih dan sanitasi yang diimplementasikan di Kabupaten Aceh Tengah dan Gayo Lues, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Kedua kabupaten tersebut merupakan daerah yang penduduknya mengalami dampak akibat konflik militer antara GAM (Gerakan Aceh Merdeka) dengan Pemerintah Indonesia.

Di Kabupaten Aceh Tengah dan Gayo Lues proyek ini dilaksanakan oleh YPCII sejak bulan Juli 2009 hingga September 2010 yang anggarannya berasal dari Americares melalui PCI (Project Concern International). Wilayah kerjanya meliputi 5 kampung di Kabupaten Aceh Tengah dan 4 kampung di Kabupaten Gayo Lues, Nangroe Aceh Darussalam.

Proyek ini memiliki tujuan akhir untuk “mengurangi kejadian dan dampak penyakit berbasis air pada populasi sasaran khususnya anak Balita dan perempuan di Kabupaten Aceh Tengah dan Gayo Lues”. Untuk mencapai tujuan akhir tersebut telah diidentifikasi 3 tujuan antara berikut:

*  Meningkatkan akses masyarakat dan pemanfaatan penyediaan air bersih yang berkelanjutan di desa-desa terpilih di Kabupaten Aceh Tengah dan Gayo Lues.

*  Meningkatkan akses masyarakat dan pemanfaatan fasilitas sanitasi keluarga dan/atau komunitas yang berkelanjutan di desa-desa terpilih di Kabupaten Aceh Tengah dan Gayo Lues.

*  Meningkatkan praktek higiene perorangan pada anak-anak dan anggota keluarga mereka, khususnya mengenai cuci tangan pakai sabun dan penggunaan jamban.

Berbagai strategi yang telah dilakukan untuk mencapai tujuan proyek adalah sebagai berikut:

*  Manajemen Aktif Masyakarat (memfasilitasi masyarakat untuk mengelola proyek di tingkat desa secara mandiri).

*  Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),

*  Fokus pada Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan penggunaan jamban yang tepat,

*  Pendidikan higienitas dan sanitasi di sekolah dengan metode PAKEM (Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)

Menu Title