Proyek “Perempuan Pionir  Kelestarian Air dan  Peningkatan  Sanitasi (Perkasa)” merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial Aqua Group terhadap masyarakat di sekitar pabrik Aqua di Kabupaten Sukabumi untuk menjawab permasalahan air bersih dan sanitasi.  Proyek ini akan menerapkan dua dari 4 pilar Aqua Lestari, yakni pelibatan dan pemberdayaan masyarakat serta pelestarian air dan lingkungan. Untuk menerapkan konsep ini maka PT.Tirta Investama akan bermitra dengan YPCII, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berpengalaman dalam program   pemberdayaan masyarakat terutama di bidang air bersih dan penyehatan lingkungan.  

Program ini akan mendukung  Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (gerakan PKK) yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia no 1 tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK (TP PKK) di berbagai tingkatan.

YPCII akan berperan dalam peningkatan kapasitas Tim Penggerak PKK di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten agar mampu menyelenggarakan gerakan pemberdayaan  masyarakat melalui gerakan PKK,  terkait dengan bidang  kesehatan dan kelestarian lingkungan hidup. Di tingkat desa, TP PKK desa bersama-sama dengan kelompok PKK RT/RW dan pengurus Kelompok Dasa Wisma akan melakukan berbagai gerakan/aksi untuk mendorong masyarakat agar menerapkan 5 pilar STBM, yakni :

1. Stop BAB di sembarang tempat

2. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir

3. Pengelolaan makanan dan air minum rumah tangga dengan aman

4. Pengelolaan limbah padat rumah tangga

5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Tujuan dari Proyek Perkasa adalah “Meningkatnya akses masyarakat terhadap air bersih yang aman dan berkelanjutan serta terciptanya lingkungan yang sehat di desa Babakan Pari, Kecamatan Cidahu serta desa Mekarsari dan Caringin di Kecamatan Cicurug”.

Sebagai sebuah perusahaan air minum dalam kemasan, Aqua Group mempunyai Dual Commitment, artinya pencapaian kinerja ekonomi harus berjalan seiring dengan perhatian terhadap aspek sosial. Sejalan dengan visi dan misi perusahaan, melalui Proyek WASH, Aqua memberikan perhatian khusus kepada kelompok masyarakat yang kesulitan air bersih dan dengan kondisi higiene dan sanitasi yang buruk. Proyek dengan judul Perempuan Pionir  Kelestarian Air dan  Peningkatan  Sanitasi (Perkasa) adalah wujud  dari  tanggungjawab sosial  Aqua Group kepada masyarakat di sekitar pabrik Aqua di Kabupaten Sukabumi.

Kondisi yang  diharapkan akan dicapai melalui intervensi Proyek Perkasa adalah : “Meningkatnya akses masyarakat terhadap air bersih yang aman dan berkelanjutan serta terciptanya lingkungan yang sehat di desa Babakan Pari, Kecamatan Cidahu serta desa Mekarsari dan Caringin di Kecamatan Cicurug”.

Kegiatan dan Pelatihan

Tangki Septik Konvensional

Menu Title