Sejalan dengan visi dan misi perusahaan, melalui Proyek WASH, Aqua memberikan perhatian khusus kepada kelompok masyarakat yang kesulitan air bersih dan dengan kondisi higiene dan sanitasi yang buruk. Proyek Sanitasi dan Air Bersih (SAB) merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial Aqua Group terhadap masyarakat di sekitar pabrik Aqua di Kabupaten Sukabumi untuk menjawab permasalahan air bersih dan sanitasi.

Proyek ini menerapkan dua dari 4 pilar Aqua Lestari, yakni pelibatan dan pemberdayaan masyarakat serta pelestarian air dan lingkungan. Dalam menerapkan konsep ini PT.Tirta Investama bermitra dengan YPCII, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berpengalaman dalam Proyek  pemberdayaan masyarakat terutama di bidang air bersih dan penyehatan lingkungan.  YPCII berperan dalam peningkatan kapasitas masyarakat agar mampu melakukan asesmen kebutuhan di bidang AM-PL,  membuat perencanaan secara partisipatoris dengan melibatkan kaum perempuan dan “the poor and the poorest”, membangun, memelihara dan mengelola fasilitas air bersih/sanitasi, serta melakukan aksi untuk perbaikan perilaku higinitas dan sanitasi. Dana untuk pembangunan fisik sarana air bersih dengan sistem gravitasi,  akan disediakan secara khusus oleh proyek CSR pabrik Babakan Pari.

Tujuan Proyek ini adalah “Meningkatnya akses masyarakat terhadap air bersih dan terciptanya lingkungan yang sehat di kampung  Leuwipeucang desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug”.  Dua output yang dihasilkan untuk mencapai tujuan proyek, yakni:

1. Meningkatkan akses masyarakat di RT.01 dan RT.05 terhadap air bersih yang aman sepanjang tahun.

2. Diterapkannya minimal 3 pilar STBM oleh masyarakat dan komunitas sekolah dikampung binaan.

Melalui pencapaian tujuan tersebut, walaupun hanya dalam skala kecil, proyek diharapkan akan berkontribusi bagi pencapaian tujuan ke-7, target nomor 10 MDGs, yakni penurunan separuh proporsi penduduk yang tidak memiliki akses terhadap air minum dan sanitasi dasar serta tujuan ke-4 MDGs (penurunan angka kematian anak, terutama akibat diare).

Intervensi proyek dilaksanakan di kampung Leuwipeucang, desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.  Sebanyak 143 KK, masing-masing 59 KK di RT 01 dan 84 KK di RT 05 akan menerima manfaat dari proyek ini.

Menu Title