SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT DAN SEKOLAH (STBM-S)

DESA MEKAR SARI, CARINGIN DAN BABAKAN PARI KABUPATEN SUKABUMI

Sejak tahun 2003, Tim CSR Aqua telah melaksanakan Program Penyediaan Air Bersih bagi masyarakat di  Desa Babakan Pari (kampung  Kubang, Pojok, Darmaga dan Babakan Pari Atas),  Desa Mekarsari (Kampung Lio dan Nyangkoek),  dan Desa Caringin (kampung Papisangan).  Desa Babakan Pari berada di dalam wilayah  Kecamatan Cidahu, sedangkan Desa Mekarsari dan Caringin  berada dalam wilayah Kecamatan Cicurug,  Kabupaten Sukabumi.  Proyek STBMS akan melengkapi  Program Air Bersih dan Sanitasi Tim CSR Aqua di wilayah Ring I Pabrik Aqua di Mekarsari dan Babakan Pari.  Sesuai dengan peran yang diminta oleh Departemen CSR PT. Tirta Investama, YPCII akan berperan dalam peningkatan kapasitas masyarakat untuk menjamin keberlangsungan  Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang  telah dibangun melalui Program Penyediaan Air Bersih oleh Tim CSR Aqua, serta  meningkatkan kesadaran dan mendorong  masyarakat  untuk  menerapkan praktek higiene dan sanitasi yang benar.

Program STBMS mempunyai tujuan untuk:  menurunkan   angka kejadian  penyakit yang berhubungan dengan air serta perilaku higiene dan sanitasi yang buruk, terutama pada  anak balita dan anak usia sekolah, di lokasi proyek di  Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Tujuan akhir ini akan dicapai melalui pencapaian 2 Tujuan Antara, yakni:

1). Meningkatnya  akses  masyarakat dan komunitas sekolah di wilayah kerja proyek  terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi yang berkelanjutan, dan 

2). Diterapkannya perilaku higiene  dan sanitasi yang sehat di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah.

Menu Title