Serah Terima Sarana Air Bersih dan Sanitasi di Kabupaten Serang Banten

Peresmian

 

 

Serang, 7 Februari 2017: Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Bapak Wakil Bupati Serang, Direktur PT. Atlas Copco Indonesia, Wakil Presiden Atlas Copco Holding di South East Asia dan Direktur Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia (YPCII) meresmikan sarana air bersih dan sanitasi di Desa Cisalam Kecamatan Baros Kabupaten Serang. Program ini merupakan kerjasama antara PT. Atlas Copco, YPCII dan pemerintah Desa Cisalam dengan tujuan “Meningkatnya akses masyarakat terhadap air bersih yang aman dan berkelanjutan serta terciptanya lingkungan yang sehat di Desa Cisalam, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang”. Serah terima program

Program tersebut merupakan bentuk kontribusi nyata yang diberikan oleh PT. Atlas Copco kepada masyarakat dan pemerintah RI untuk mendukung tercapainya universal access di sektor air minum dan sanitasi. Pada tahun 2019, pemerintah RI telah mentargetkan 100 % penduduk Indonesia harus sudah mendapat akses terhadap air bersih (85 % SPM: 60 l /org/hari, dan 15 % kebutuhan dasar : 15 l/org/hari) dan 100 % mendapat akses terhadap sanitasi layak (85 % on site system dan 15 % off site system).

Di sektor air minum,  Proyek Air Bersama telah berkontribusi membangun 4 unit sarana air bersih sistem gravitasi dengan total penerima manfaat (sampai dengan bulan Desember 2016) adalah180 rumah, 227 keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 912 orang. Di sektor Sanitasi, Proyek Air Bersama telah berkontribusi dalam mengubah perilaku masyarakat terkait perilaku BAB, cuci tangan pakai sabun, pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga. Melalui proyek ini telah disalurkan kredit sanitasi bagi 29 keluarga untuk membangun 24 jamban sehat dan 5 perbaikan saluran pembuangan limbah cair rumah tangga. Proyek Air Bersama juga telah memperkenalkan model incinerator untuk membakar sampah sebanyak 3 unit yang dibuat oleh masyarakat di kampung Kalebet, Pasir EurihTanjak dan Jambu Girang.

Peresmian

Selama pelaksanaan program ini Direktur YPCII (Agustini E.Raintung) menyampaikan penerapan konsep Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu kunci keberhasilan yang melandasi semua strategi dalam Proyek Air Bersama. Seluruh proses mulai dari perencanaan, aksi kolektif,  monitoring dan evaluasi dilaksanakan oleh masyarakat secara partisipatoris dipimpin oleh aparat desa dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutan Direktur PT. Atlas Copco (Mr. Robert Yap) menyampaikan bahwa PT. Atlas Copco mendukung program Water 4 All, sesuai dengan kebijakan Grup serta  keterlibatannya sejak 1984. Ini termasuk menyediakan dukungan dasar  untuk organisasi lokal dengan pemberian sumbangan langsung dari karyawan di mana begitu diperlukan untuk warga yang membutuhkan. Atlas Copco menganggap pengembangan program Water 4 All merupakan  salah satu proyek jangka panjang dengan inisiatif komitmen dari karyawan. Kami menyadari  bahwa sikap sosial terhadap lingkungan dan etika berperilaku memiliki dampak pada reputasi kami. Oleh sebab itu kami melakukan tanggung jawab sosial perusahaan (“CSR”) dengan sangat serius dan berkomitmen untuk memajukan kebijakan  dan sistem dalam Grup untuk memastikan kita dapat mengatasi dan memantau semua aspek CSR yang relevan dengan bisnis kami. Ini termasuk kepedulian perilaku yang baik dan beretika, dengan  peduli terhadap lingkungan dan keterlibatan masyarakat sekitar. Jadi, Grup serta kami  bertujuan untuk menjaga dan membuat karyawan terlibat  dan mendukung  kontribusi mereka dan perkembangannya.”

Vice President  Atlas Copco Holding South East Asia (Mr. Horst Wasel) menyampaikan bahwa Air mengubah kehidupan – dan manusia di belahan dunia ini membutuhkan air bersih. Kami ingin ini dapat tercapai karena kami yakin bahwa air bersih adalah hak dasar manusia. Hari ini Indonesia termasuk di dalamnya. Kita harus pahami bahwa Water 4 all adalah inisatif dari dan melalui para karyawan. Melalui Water4all, misi kita adalah untuk meningkatkan angka kehidupan yang lebih baik di seluruh dunia. Masih banyak hal yang harus dilakukan dan saya bangga bahwa Atlas Copco Mendukung program Water4all sebagai proyek bersama dengan ANDA – para karyawan Atlas Copco Indonesia. Saya sangat menghargai Anda untuk ini.

Mrs. Johanna Brismar Skoog (Duta Besar Swedia untuk Indonesia) dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui proyek ini kita memiliki kesempatan yang lebih baik untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Memiliki sumber air di desa ini juga akan meluangkan waktu wanita dan anak-anak, yang dulunya bertugas untuk mengambil air. Dibandingkan dengan dulu dimana mereka harus berjalan jauh untuk mencapai sumber air, sekarang mereka bisa langsung ke tempat ini untuk mengambil air yang berada dirumah. Sekarang mereka memiliki waktu luang untuk dimanfaatkan melakukan hal lainnya seperti mengerjakan PR, belajar, bekerja untuk menghasilkan uang, dan lain sebagainya.

water for all

Dalam acara tasyakuran peresmian  Sarana air bersih dan sanitasi Director PT. Atlas Copco Indonesia menyerahkan hasil kegiatan Air Bersama “Water For All” berupa Sarana dan Prasarana Air Bersih sebagai berikut :

  1. Sarana Air Bersih Kampung Kalebet terdiri dari : Jaringan Pipa 2’ : 1000 meter, Jaringan Pipa 1’ : 300 meter, Reservoir 7 m³ : 1 unit, dan Kran Umum : 4 unit
  2. Sarana Air Bersih Kampung Siranggon terdiri dari : Jaringan Pipa 3’ : 550 meter, Jaringan Pipa 2’ : 825 meter, Jaringan Pipa 1’ : 100 meter, Sambungan Rumah : 50 unit.
  3. Sarana Air Bersih Kampung Jambu Girang/Sigadeg terdiri dari : Bak Penangkap Air : 1 Unit, Jaringan Pipa 3’ : 92 meter, Jaringan Pipa 2’ : 376 meter, Jaringan Pipa 1’ : 248 meter dan Sambungan Rumah : 41 unit
  4. Sarana Air Bersih Kampung Pasir Eurih Tanjak terdiri dari : Jaringan Pipa 2’ : 2100 meter, Jaringan Pipa 1’ : 300 meter, Reservoir 7 m³ : 1 unit, Sambungan Rumah  : 37 unit, Kran Umum : 2 Unit

Acara dilanjutkan dengan pemberian plakat kepada Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Bupati Serang dan Direktur Yayasan pembangunan Insan Indonesia dari PT. Atlas Copco Indonesia kemudian dilanjutknan pemberian plakat ungkapan terimakasih dari Bupati Serang kepada Duta Besar Swedia, Wakil Presiden Atlas Copco Holding di South East Asia, Direktur PT. Atlas Copco Indonesia dan Yayasan pembangunan Insan Indonesia

Share:

Leave a Reply

Menu Title